A. SYARAT PENYETELAN
- Platuk klep "IN" dan "EX" harus dalam keadaan bebas
- Penyetelan dilakukan dalam kondisi mesin dingin
- Piston harus berada pada posisi TMA pada langkah kompresi
B.CARA MENCARI LANGKAH KOMPRESI
MENCARI LANGKAH KOMPRESI |
- Putar rotor magnet (fly wheel) searah putaran mesin (berlawanan putaran jarum jam), sambil melihat klep "IN"
- Lihat platuk klep "IN" turun kemudian naik kembali, berarti piston sudah berada pada langkah kompresi. Tepatkan tanda garis "T" pada rotor magnet dengan tanda pada crank case cover left (tanda pada tutup blok mesin sebelah kiri)
C. CARA MENYETEL KATUP
MENYETEL KATUP |
- Longgarkan mur pengikat
- Putar adjusting screw ke arah melonggar
- masukan feller gauge (standar, IN: 0,05mm; EX:0,05mm)
- Kencangkan kembali mur pengikat
0 komentar