MOBIL

POMPA BAHAN BAKAR IN-TANK TYPE

3/04/2011 07:28:00 PMarif rohman

POMPA BAHAN BAKAR IN-TANK TYPE

Pada tipe ini pompa terpasang di dalam tangki bahan bakar. Dibandingkan dengan tipe in-line, suaranya lebih halus. Pompa ini menggunakan sebuah turbine pump dengan keistimewaan getaran yang terjadi di dalam pompa lebih kecil. Pompa ini terdiri dari motor dan pompa, sebuah check valve, relief valve dan saringan yang juga menyatu dalam satu unit.

Turbine pump
Turbine pump terdiri dari satu atau dua buah impeler yang diputar oleh motor, casing dan pump cover tersusun menjadi satu unit. Bila motor berputar, impeler juga ikut berputar. Blade pada bagian luar impeller menghisap bahan bakar dari inlet port dan keluar melalui outlet port. Bahan bakar yang dikirim melalui outlet port dialirkan keluar dari pompa melalui check valve.

Relief valve
Relief valve akan terbuka jika tekanan bahan bakar disisi pengeluaran mencapai 4,5 - 6,0 kg/cm2, (64,0-85,3 psi atau 441,3-588,4 kPa) dan tekanan bahan bakar yang tinggi langsung dikembalikan ke tangki. Jadi relief valve mencegah naiknya tekanan dari batas yang ditentukan.

Check valve
Check valve akan menutup kalau pompa berhenti. Check valve dan pressure regulator akan mempertahankan sisa tekanan di dalam sistem saluran bahan bakar jika mesin mati, agar mudah dihidupkan kembali. Jika tidak ada tekanan, penguapan akan mudah terjadi sehingga mesin sulit untuk dihidupkan.




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Contact Form