featured MOBIL

POMPA BAHAN BAKAR IN LINE-TYPE

3/04/2011 07:52:00 PMarif rohman

POMPA BAHAN BAKAR IN LINE-TYPE

Jenis pompa ini dipasang dibagian luar tangki bahan bakar. Sekarang pompa jenis ini jarang digunakan. Pompa ini terdiri dari sebuah motor dan unit pompa, check valve, relief valve filter dan silincer.

Pompa
pompa terdiri dari rotor yang diputar oleh motor. pump spacer berfungsi sebagai flens luar dan roller sebagai seal antara rotor dan spacer. Jika motor berputar, maka rotor ikut berputar sehingga roller akan bergerak keluar karena gaya sentrifugal. Gerakan ini menyebabkan volume menyempit dan bahan bakar mulai dipompakan. Bahan bakar mengalir dalam motor unit, menekan check valve dan mengalir melalui silincer, kemudian bahan bakar keluar dari pompa. Silincer berfungsi menyerap tekanan bahan bakar dan mereduksi suara. relief valve berfungsi untuk mencegah naiknya tekanan dari batas yang ditentukan sedangkan check valve berfungsi untuk mempertahankan sisa tekanan didalam sistem saluran bahan bakar jika mesin mati, agar mesin mudah dihidupkan kembali.

Hal-hal yang perlu diketahui tentang pompa
  1. Mesin akan mati jika pompa tidak bekerja
  2. Saringan bahan bakar yang tersumbat dapat mengakibatkan penurunan kinerja pompa sehingga dapat menurunkan output mesin
  3. Meskipun bahan bakar melewati motor dan bagian motor terisi bensin tetapi tidak ada udara (oxigen). Meski kendaraan kehabisan bahan bakar, udara tidak dapat masuk kedalam saluran bahan bakar, karena saluran terisi dengan uap bahan bakar. Oleh karena itu tidak akan mengakibatkan kebakaran karena percikan api dari brush (sikat-sikat).
  4. Pompa tidak dapat dibongkar, dan harus diganti dalam satu unit.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Contact Form