Sistem bahan bakar adalah sebuah sistem untuk menyediakan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin untuk pembakaran. Bahan bakar mengalir dari tangki dihisap oleh pompa bahan bakar lalu dikirim ke pipa delivery melalui saringan bahan bakar. Bahan bakar yang dikirim melalui pompa delivery akan diinjeksikan ke dalam intake manifold oleh injektor disetiap silinder sesuai dengan signal yang oleh ECU. Tekanan bahan bakar di dalam pipa delivery selalu dipertahankan lebih tinggi dari tekanan di dalam intake manifold oleh pressure regulator pada tekanan 2,9 Kg/cm2. Dengan cara ini jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu konstan. Selanjutnya kelebihan bahan bakar akan dialirkan kembali ke tangki melalui pipa pengembalian. Keempat injektor dipasang pada intake manifold disetiap silindernya. Signal injeksi yang diterima injektor akan membuka selenoid dan mensuplai bahan bakar ke dalam intake manifold.
SISTEM BAHAN BAKAR EFI |
Terdapat dua tipe pompa bahan bakar, yaitu tipe terpasang di dalam tangki (in-tank type) dan tipe diluar tangki (in-line type). Saat ini tipe in-tank type yang paling banyak dipakai. Kedua tipe pompa bahan bakar ini biasa disebut type wet, meskipun motor menyatu dengan pompa dan bagian dalam pompa terisi dengan bahan bakar.
0 komentar